Syarat dan Ketentuan

  1. Definisi
    1. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan pengiriman Swift.
    2. Pengirim adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pengiriman atas suatu Barang kepada para Pengguna.
    3. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan pengiriman atas Barang.
    4. Swift adalah PT Swift Shipment Solutions, yaitu perusahaan yang memberikan layanan pengiriman atas suatu Barang.
    5. Kurir adalah pihak ketiga yang bekerja sama dengan Swift untuk melakukan pengiriman Barang dan penjemputan Barang kepada Pengguna.
    6. Pengiriman dengan Swift adalah layanan pengiriman Barang yang pengurusannya dilakukan oleh Swift, di mana aktivitas pengiriman Barang (pick up dan delivery) dilakukan oleh Kurir yang direkomendasikan oleh Swift, untuk memudahkan Pengguna dalam melakukan pengiriman Barang.
    7. Barang adalah benda yang berwujud/memiliki fisik Barang yang dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.
    8. Pengiriman Berhasil adalah pada saat terdapat konfirmasi penerimaan barang oleh Pembeli atau pada saat kurir telah berhasil mengantarkan Barang ke alamat Pembeli.
    9. Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk Pengiriman dengan Swift.

  2. Umum
    1. Dengan menggunakan Pengiriman dengan Swift, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna memberikan hak dan wewenang kepada Swift dalam merekomendasikan serta memilih Kurir yang tepat bagi Pengguna untuk melakukan penjemputan dan pengantaran Barang.
    2. Pengguna dapat melacak status pengiriman Barang melalui situs https://swiftsolutions.id/tracking.

  3. Ketentuan Pengiriman
    1. Setiap Barang yang akan dikirim, Kurir berhak mendapatkan informasi dari Pengirim mengenai keterangan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman serta jenis Barang secara jelas.
    2. Pengiriman dengan Swift sudah tersedia di beberapa wilayah di Indonesia dengan berat maksimum produk yang dapat dikirim adalah 50 kg (lima puluh kilogram). Adapun batas maksimal ukuran paket yang dapat dibawa oleh Kurir adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm.
    3. Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat). Rumus penghitungan volumetrik adalah (Panjang x Lebar x Tinggi) / 6000. Misalnya, suatu paket memiliki volume 50 cm x 50 cm x 50 cm. Maka perhitungan beratnya adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm dibagi 6.000 = 20.83 Kg, dibulatkan menjadi 21 Kg.
    4. Kurir yang melakukan pick up Barang, dapat berbeda dengan Kurir yang mengantar Barang.
    5. Kurir hanya akan mengantar jenis Barang yang diatur pada syarat dan ketentuan yang berlaku dan berhak untuk menolak atau menerima Barang tertentu dari Pengirim, sesuai dengan syarat dan ketentuan Swift, dan syarat dan ketentuan Kurir yang bekerja sama dengan Swift, selengkapnya dapat dilihat di FAQ Pengiriman dengan Swift.
    6. Kurir berhak mengantar Barang dari Pengirim menggunakan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang cocok sesuai kebijakan Kurir.
    7. Pengirim bertanggung jawab untuk mengemas dengan layak Barang yang akan dikirimkan. Kurir berhak menolak untuk melakukan pick up Barang jika Barang yang akan dikirimkan tidak dikemas dengan layak sesuai standar pengiriman. Kurir tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan atau ketidaksempurnaan kemasan Barang yang disebabkan oleh Pengirim.
    8. Pengirim bertanggung jawab untuk memastikan agar paket yang akan dikirimkan dikemas dalam keadaan yang memadai disesuaikan pada jenis paket tersebut. Hal ini diwajibkan agar memastikan paket dapat dikirim dan ditangani oleh pihak operasional Kurir dan dapat dipastikan terkirim dalam keadaan baik.
    9. Pengirim bertanggung jawab untuk mengemas produk yang akan dikirim. Untuk produk yang terbuat dari kaca, keramik, mudah produk yang cepat rusak (contohnya makanan, es krim, bunga segar, dan lain-lain) disarankan agar dilakukan pengemasan secara khusus. Kurir tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau perubahan bentuk yang terjadi atas pengiriman produk-produk tersebut.
    10. Kurir tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul dari kelalaian dan/atau kesalahan Pengirim dalam memenuhi kewajiban-kewajiban di atas.
    11. Daftar Barang yang tidak dapat dikirim menggunakan Pengiriman dengan Swift:
      1. Barang berbahaya yang mudah meledak dan terbakar, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan/atau barang-barang yang menurut pihak berwajib dilarang diproduksi dan diedarkan;
      2. Barang perhiasan dan/atau barang berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada emas, perak dan berlian (logam mulia) ;
      3. Binatang dan tumbuhan hidup, termasuk namun tidak terbatas pada hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi, dan bagian-bagian dari hewan langka yang telah mati/diawetkan;
      4. Barang ilegal termasuk namun tidak terbatas pada organ manusia, barang curian, peralatan dan/atau perlengkapan judi, senjata api, senjata tajam, dan airsoft gun;
      5. Uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada cek, surat warkat pos, kartu pos, buku nikah asli, paspor, ijazah asli, dokumen tender, giro, efek, obligasi, saham, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, dan/atau BPKB asli;
      6. Barang cetakan, rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas, keamanan dan ketertiban umum;
      7. Barang berbahaya dan beracun (B3) yang dapat membahayakan Kurir saat proses pengiriman termasuk namun tidak terbatas pada bahan kimia yang mudah terbakar atau meledak, sianida, bahan yang menimbulkan iritasi dan beracun pada tubuh manusia, cairan kimia korosif, bahan beracun dan barang berbahaya lainnya;
      8. Benda cair dalam bentuk apapun;
      9. Makanan dan minuman yang mudah rusak, basi, atau basah;
      10. Barang yang dianggap bernilai sejarah tinggi kecuali pengiriman menggunakan fitur Tokopedia Insurance;
      11. Jenazah dan/atau abu jenazah; dan
      12. Organ tubuh manusia; dan
      13. Barang yang dilarang untuk diperjualbelikan.
    12. Jika Pengirim mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan Kurir, Kurir dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi, biaya dan tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun.
    13. Kurir berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa Barang yang dikirim oleh Pengirim untuk memastikan bahwa pengiriman Barang benar-benar memenuhi syarat untuk dikirimkan ke alamat tujuan pada ketentuan prosedur operasi standar dan metode penanganan Kurir.
    14. Kurir tidak bertanggung jawab atas isi dari kiriman yang tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan Pengirim kepada Pembeli melalui Kurir.
    15. Kurir bertanggung jawab untuk membayar kerugian yang diderita sebagai akibat dari kerusakan atau kerugian pengiriman Barang yang terjadi ketika Barang masih di bawah kontrol dari Kurir, dengan catatan hanya jika kerusakan tersebut semata-mata karena kelalaian Kurir.
    16. Dalam hal Pembeli tidak mengasuransikan Barang, Kurir tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian, termasuk dan tidak terbatas pada kerugian komersial, kerugian tidak langsung atau keuangan lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam transportasi atau pengiriman yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kemampuan kontrol Kurir atau kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau Force Majeure.
    17. Batas waktu pelaporan Kurir untuk kendala pengiriman adalah 7 (tujuh) hari sejak Barang diterima dan untuk perbedaan berat adalah 7 (tujuh) hari sejak Barang diterima untuk bisa dilakukan proses investigasi.
    18. Pengiriman yang tidak diasuransikan hanya mendapatkan penggantian setinggi-tingginya 10 kali biaya kirim atau harga produk atau maksimal Rp 1.000.000,- (satu juta Rupiah) sesuai dengan nilai yang lebih kecil.

  4. Pengunaan Data
    1. Keamanan data pribadi milik Pengirim dan Pembeli merupakan hal yang penting, Swift memberlakukan standar keamanan untuk melindungi data tersebut. Swift menjamin penggunaan data milik Pengirim dan Pembeli yang berkaitan dengan pengiriman Barang hanya akan digunakan oleh Swift terbatas hanya untuk keperluan pengiriman Barang sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy).
    2. Pengguna memberi wewenang kepada Tokopedia untuk menyimpan, membagikan, meneruskan informasi dan/atau data Pengguna terkait layanan pengiriman dengan Swift kepada Swift dan Kurir yang bekerja sama dengan Swift guna kepentingan pemberian layanan pengiriman.
    3. Penggunaan data Pengguna sehubungan dengan Pengiriman dengan Swift akan tunduk pada Kebijakan Privasi Swift di https://swiftsolutions.id/privacy.